Halaman

Thursday, July 5, 2012

Tipe ulir / drat NPT, BSPP, dan BSPT

Drat atau biasa juga kita sebut ulir (thread) pada baut, dengan struktur spiral nya, berfungsi untuk mengencangkan benda dengan mengubah gerakan rotary menjadi linear. Jika dilihat dari bentuknya drat dapat dibedakan dengan sebutan Male Thread (Ulir/drat luar) dan Female Thread (ulir/drat dalam).


Drat yang berbentuk spiral tersebut dapat diputar ke kanan searah jarum jam maupun ke kiri berlawanan arah jarum jam. Arah pergerakan baut sendiri ada dua yaitu ke dalam (menjauhi orang), atau keluar (mendekati orang). Berdasarkan kesepakatan umum, arah tersebut dapat ditentukan dengan aturan tangan kanan seperti pada gambar.



Baut pada Sistem Pressure juga berfungsi sebagai sealing (segel). Sistem Pressure menggunakan tipe sealing
 yang berbeda tergantung wilayah geografis, ukuran pressure system dan lingkungan. 

Ada banyak standar yang digunakan seperti ISO Metric Screw Thread, BSP Thread (R,G), National Pipe Thread (NPT), BSP (British Standard Pipe) dan NPT (National Pipe Thread), dll. Bagaimana membedakannya ? 

Biasanya ISO Metric screw thread digunakan untuk banyak tujuan (multi purposes), NPT digunakan untuk pekerjaan pipa air dan gas, dan BSP untuk berbagai perpipaan.
           
Berikut adalah beberapa tipe baut tersebut:


1. NPT Connections


NPT (National Pipe Thread) Seal populer digunakan di U.S dan Canada. NPT male adapter mempunyai ulir meruncing (taper) yang sesuai dengan NPT female adapter. Keduanya akan mengunci, karena male adapter mempertegang female fitting sampai didapat sekian tenaga untuk menahan pressure.

Salah satu tantangan desain ini adalah jika kita menghubungkan stainless steel ke stainless steel maka jika terlalu kencang atau karena lubrikasi yang buruk akan dapat merusak ulirnya. Thread Sealant diperlukan untuk meng-seal tapi cukup hanya 2 garis ulir yang dibutuhkan. Lebih dari itu maka sealant akan lari kemana-mana.

Selain itu ada varian lain yaitu NPTF (National Pipe Taper Fuel), yang didesain bebas bocor tanpa harus menggunakan sealant maupun teflon tape.


2. BSP Connections

Ada 2 tipe ulir BSP yaitu tipe Paralel dan tipe Taper (meruncing):
.
BSPT Connections
Ulir Taper, atau BSPT (British Standard Pipe Thread) memiliki diameter yang tidak konstan (melebar/mengecil) sepanjang batang ulirnya. Dinotasikan dengan huruf R.


Seklias BSPT sama dengan NPT kecuali sudut ulirnya (antara crest dan root) adalah 550 (sementara sudut NPT adalah 600). Dengan demikian, NPT male dapat masuk ke BSPT fitting tapi tidak akan mengunci (longgar). BSPT fitting ini populer di China dan Jepang tapi jarang digunakan di Amerika. Seperti NPT, Thread Sealant diperlukan untuk mengunci male dan female bersamaan.
 BSPP Connections

Tipe ulir Paralel adalah BSPP (British Standard Pipe Parallel Thread), dan disebut juga BSPF / BSPM (British Standard Pipe Fitting / British Standard Pipe Mechanical Thread). Dinotasikan dengan huruf G.

BSPP adalah tipe ulir yang paling sering digunakan. Tipe ini adalah fitting ulir paralel, yang mempunyai diameter konstan, dan menggunakan seal ring untuk menguncinya (Sealing). Bonded ring seal dipasang antara punggung male fitting dan muka female fitting dan menjepit. BSPP pressure gauge mempunyai longer male thread dan menggunkan ring untuk menekan dasar male fitting dan dasar lubang female BSPP sehingga membuat pressure tight seal. Tidak perlu Thread Sealant untuk membuat seal pada BSPP.

5 comments:

  1. Tenang purba (Tensu)January 23, 2013 at 7:16 PM

    good, thanks for your information. from Tensu (SMK N1 Batam , teacher.

    ReplyDelete
  2. sangat membantu sekali, karena tahu perbedaan antara conn. NPT dengan G.

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing this useful information.

    ReplyDelete
  4. Untuk drat type Rc kepanjangan dari kata apa dan bentuk serta kegunaan apa? Trims info nya

    ReplyDelete